Jejak Sejarah Ambon di Museum Siwalima

Museum yang dibagi menjadi dua bangunan ini merupakan salah satu museum yang terletak di Pulau Ambon. Tepatnya terletak di kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Propinsi Maluku. Museum ini didirikan tanggal 8 November 1973 dan diresmikan tanggal 26 Maret 1977.

DSC_1059.JPG

Lokasi bangunan ini berada di atas bukit yang menghadap ke Teluk Ambon dan berjarak sekitar 5 kilometer dari Kota Ambon. Museum ini juga posisinya berada tidak jauh dari Pantai Pintu Kota dan Pantai Namalatu yang terkenal di Ambon.

DSC_1052.JPG

Bangunan pertama diberi nama Museum Kelautan Siwalima, yaitu sebuah bangunan yang menyimpan sejarah kelautan masyarakat Ambon, seperti benda-benda yang dipergunakan masyarakat untuk melaut, biota laut, dan ada juga beberapa kerangka ikan paus dengan panjang yang beragam. Bangunan kedua disebut Museum Budaya Siwalima yang mana di tempat ini tersimpan segala hal yang berkaitan dengan budaya Maluku, yaitu bangunan asli Maluku, pakaian adat, alat-alat pertanian, senjata khas, perlengkapan upacara adat, uang lama, dan berbagai guci pada masa penjajahan Jepang.

Tepat di sebelah Selatan Museum Siwalima ini terdapat sebuah lahan yang merupakan makam-makam masyarakat muslim yang sudah ada sebelum museum ini dibangun. Lokasi ini juga dijadikan tempat disimpannya patung Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy yang dibangun oleh Pangdam XV/Pattimura Brigjen TNI Wing Wiryawan pada tahun 1971. Patung tersebut adalah patung pertama Kapitan Pattimura yang dibangun di tengah Kota Ambon, tetapi kemudian diganti dengan patung baru yang berbahan baja oleh mantan Wali Kota Ambon Jacob Papilaya.

DSC_1049.JPG

DSC_1036.JPG

Note : Artikel ini dimuat di Sriwijaya Inflight Magazine Edisi Juni 2017 di Rubrik Discover : Heritage.

88483bdd-74b1-47e0-b36d-91066732b8c2.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s