Senja di Karang Panjang

Karang Panjang adalah sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Indonesia. Kelurahan Karang Panjang merupakan salah satu tempat paling penting di Kota Ambon karena di kelurahan ini terletak hampir 25 bangunan vital Kota Ambon. Di kecamatan ini berdiri sebuah monumen yang terkenal dengan nama Monumen Martha Christina Tiahahu.

DSC_0990.jpg

Sosok Martha Christina sendiri disebut sebagai wanita kabaresi, yaitu wanita pemberani karena melawan Belanda yang memakai senjata api. Namanya telah terkenal di seluriuh Ambon dan digunakan sebagai nama jalan di Karang Panjang.

DSC_0977.jpg

Martha Christina hanyalah seorang remaja putri pemberani yang menyerukan untuk berperang dengan Belanda, membakar semangat para kaum hawa di sini untuk ikut membantu perjuangan Indonesia. Sampai-sampai Belanda merasa kewalahan dengan tindakan Martha Christina ini. Dengan keberaniannya itu, ia menunjukan bahwa perempuan juga bisa berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

DSC_0998.jpg

Monumen yang terletak di Karang Panjang ini bisa dijangkau dengan mudah karena hanya berjarak sekitar 2 km saja dari pusat Kota Ambon. Menuju Karang Panjang dari Kota Ambon melewati jalan menanjak dan beberapa tikungan tajam baru tiba di lokasi monumen. Di sini, pengunjung juga akan bisa menyaksikan pemandangan Kota Ambon yang menakjubkan. Apalagi patung ini terletak di perbukitan dan menghadap Laut Banda. Apabila senja datang, kita bisa menikmati gemerlap Kota Ambon yang disiram cahaya jingga matahari sore serta pemandangan Laut Banda yang mengagumkan.

DSC_0975

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s