Ketika surya tenggelam di Pulau Kalong, Labuan Bajo

Pulau Kalong adalah salah satu pulau di Taman Nasional Komodo yang berada diantara Pulau Rinca dan Pulau Papagarang. Seperti namanya, Pulau yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini merupakan salah satu habitat kalong atau kelelawar yang ada di Labuan Bajo. Pulau ini dihuni oleh ribuan atau bahkan mungkin jutaan Kalong yang hidup diantara pohon bakau yang tumbuh di pulau tersebut.

dsc_0274

Kalong-kalong yang berada di Pulau Kalong tersebut akan keluar mencari makan apabila senja datang. Matahari terbenam merupakan saat bagi mereka untuk keluar sarang. Beramai-ramai dengan suara yang riuh, terbang di atas air laut yang bersinar keemasan tertimpa sinar matahari senja. Kalong-kalong tersebut terbang kearah Timur dan baru akan kembali keesokan paginya.

dsc_0295

Pulau Kalong yang terletak sekitar 8 km dari Pelabuhan Labuan Bajo ini bisa ditempuh melalui perjalanan laut selama kurang lebih 35 menit dengan menggunakan speedboat. Wisatawan bisa memasukan Pulau Kalong di daftar destinasi kunjungan paket trip Sailing Komodo. Untuk rutenya bisa disesuaikan dengan jadwal trip. Tidak akan ada sesal ketika mengunjungi pulau ini. Keajaiban pulau ini akan nampak saat senja menjelang. Ribuan kelelawar yang dominan berwarna hitam dengan berbagai ukuran akan memenuhi langit Kepulauan Komodo dalam balutan sinar jingga matahari senja. Mereka terbang bebas di atas perairan yang membiaskan sinar kuning keemasan.

dsc_0281

Note : Artikel ini dimuat di inflight magazine Sriwijaya Air edisi Desember 2016 Rubrik Discover -Island.

whatsapp-image-2016-12-06-at-3-41-55-pm

Leave a comment