Ada Sungai Amazone di Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling Barat Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di Kabupaten Pandeglang, Banten. Kawasan taman nasional ini meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum, Pulau Peucang, dan Pulau Panaitan.

DSC_0618.JPG

Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991 karena wilayahnya merupakan hutan lindung yang sangat luas dan terkenal sebagai konservasi badak Jawa. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.

Salah satu destinasi wisata yang terdapat di Ujung Kulon adalah sebuah sungai yang berada di Pulau Handeuleum, yaitu Sungai Cigenter. Sungai ini menyerupai sungai yang berada di Hutan Amazon Amerika Selatan. Di sungai ini kita bisa berpetualang menjelajahi sungai dengan menggunakan kayak atau perahu kecil.

DSC_0680.jpg

Sungai yang memiliki kedalaman mencapai 6 meter dan panjang sekitar 12 kilometer ini sangat tenang serta memiliki warna kehijauan. Di sekitar sungai, kita melihat pemandangan pohon-pohon yang tak terjamah. Sesekali, kita akan melihat hewan-hewan penghuni Pulau Handeuleum mengintip di balik rimbunnya dedaunan. Beberapa satwa air asli yang menghuni Pulau Handeulum di antaranya adalah ular piton dan buaya. Kita bisa menyusuri sungai ini dengan panduan orang yang sudah berpengalaman.

DSC_0696.jpg

Akses menuju Pulau Handeulum ditempuh dari Kecamatan Sumur menggunakan jasa kapal. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Untuk menuju Sungai Cigenter, kita akan terlebih dahulu mendatangi pos penjagaan Pulau Handeuleum.

DSC_0668.jpg

One Comment Add yours

  1. hilal achmar says:

    Langkah kaki kecil yang jauh menyusur alam 🙂

    Like

Leave a comment